Diduga Anak Perusahaan PT Musim Mas Buang Limbah di Lapangan Tembak, TNI Diminta Usut

PT Musim Mas

topmetro.news – Satu tahun lebih kasus anak perusahaan PT Musim Mas, PT Inno Alam Nusa di Gang Rahayu, Dusun V, Desa Tanjung Baru, Tanjung Morawa, Deli Serdang diduga pernah buang limbah di Lapangan Tembak milik TNI, kawasan Seruwai, Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Labuhan.

Hingga saat ini belum ada juga tindakan lanjut dari aparat penegak hukum maupun badan lingkungan hidup. Kehidupan habitat mahluk hidup disekitar lokasi tersebut pun dipertanyakan kelestariannya. TNI diminta agar segera mengusut kasus tersebut.

“Siapapun perusahaannya jangan pandang bulu, penegak hukum harus bertindak. Karena masalah limbah ini bukan hal biasa, ini menyangkut kesehatan masyarakat. Apalagi lokasi tempat pembungan tersebut diketahui, banyak tempat tambak udang dan ikan, bahkan ada tanaman padi. Itu bahan pangan yang kita konsumsi sehari-hari,” kata Praktisi Hukum, Suherman SH kepada topmetro,news (grup koran Top Metro), Jumat (15/11/2019).

Menurut Suherman, kalau tidak ditindak, perusahaan tersebut berpotensi melakukan perbuatannya lagi. Dan jika tidak segera ditindak, akibat dari pembuangan limbah tersebut dikhawatirkan akan jatuh korban.

“Ini masalah serius, jangan ada tebang pilih terhadap perusahaan manapun. Jika terbukti melanggar aturan harus ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku, ini juga akan menjadi efek jera terhadap perusahaan lain yang coba-coba melakukan hal yang sama,” terangnya.

Beberapa waktu lalu, Praktisi Lingkungan, Dolly N Simbolon mengungkapkan, izin anak perusahaan PT Musim Mas tersebut minta dievaluasi ulang.

“Perbuatan perusahaan tersebut sudah sangat mereshkan warga. Sebaiknya, pemerintah mengkaji ulang izin pengolahan limbahnya. Kita minta juga kepada dinas lingkungan hidup melakukan investigas terkait hal ini, jika terbukti melakukan tindak pidana pencemaran maka proses dengan ketentuan hukum yang berlaku,” terang Dolly.

Dolly menambahkan, jangan sampai ada oknum-oknum yang memanfaatkan perbuatan perusahaan tersebut demi kepentingan pribadi.

Izin Anak Perusahaan PT Musim Mas Minta Dikaji Ulang

“Banyak yang kita ketahui oknum-oknum yang bermain di lapangan untuk kepentingan pribadi,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, terungkap bahwa PT Inno Alam Nusa diduga pernah membuang limbah B3 tersebut ke areal tanah milik TNI, di kawasan Seruwai, Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Labuhan. Alhasil, aktivitas perusahaan yang masih satu grup dengan PT Musim Mas tersebut diprotes warga.

Baca Juga: Pernah Buang Limbah di Lapangan Tembak TNI, Izin Anak Perusahaan PT Musim Mas Minta Dievaluasi

“Pernah bang, buang limbah ke sini. Limbahnya berwarna coklat tua, baunya minta ampun. Sempat diprotes warga, karena sekitar areal disini banyak tambak udang milik warga. Setelah diprotes warga, truk warna kuning yang mengangkut limbah itu gak datang lagi,” kata salah seorang warga Seruwai, Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Labuhan yang tak bersedia disebutkan namanya ini kepada topmetro.news (grup Koran Top Metro).

Lebih lanjut pria berkulit sawo matang ini menuturkan, bahwa tanah tersebut digunakan sebagai lapangan tembak milik TNI.

TIM INVESTIGASI

Related posts

Leave a Comment